Pembelajaran berbasis ICT adalah pembelajaran yang berasaskan konsep pembelajaran computer dan multimedia. Pendidikan bebasis ICT (Information Communication Technology)
saat ini sudah berkembang pesat di berbagai daerah. Kebutuhan akan
berbagai media interaktf semakin dirasakan, mengingat kondisi
perkembangan teknologi informasi (TI) semakin berkembang pesat. Dalam
dunia pendidikan misalnya, siswa mulai pra-sekolah, SD, SMP, SMA dan SMK
dituntut mengenal TI sejak dini.
Untuk mewujudkan sekolah dengan berbasis ICT
tentunya diperlukan sarana prasarana yang menunjang. Tanpa sarana dan
prasarana yang baik maka pembelajaran tidak akan sulit berjalan dengan
sempurna. Sarana prasarana sekolah berbasis ICT adalah
seperti Lab bahasa yang lengkap, komputer, LCD, dan koneksi internet.
Untuk menunjang masuknya TI di sekolah, pemerintah secara bertahap
membantu sekolah-sekolah dengan memberikan perangkat hardware komputer sebagai alat peraktek dan ditunjang dengan diberikannya BOM (Bantuan Operasional Manajemen) yang salah satunya harus dibelanjakan untuk membeli software komputer untuk menunjang pembelajaran TI dan penguasaan materi pelajaran umum dengan bantuan TI.
Dengan demikian jelas bahwa kebutuhan bahan pembelajaran berbasis ICT sebagai alat untuk membantu siswa menguasai TI dan materi pelajaran umum lainnya dengan lebih cepat, menyenangkan dan meningkatkan hasil belajar, menjadi kebutuhan yang mendesak untuk tercapainya kualitas pembelajaran yang diharapkan.
Selain sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, pembelajaran berbasis ICT juga dapat mempermudah guru
dalam menyampaikan materi pembelajaran, membiasakan guru untuk
menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman yang semakin pesat saat
ini. Sudah saatnya guru sedikit demi sedikit membiasakan diri mengajar
menggunakan media berbasis ICT,
tidak hanya mengandalkan buku yang sudah berbagai generasi redaksinya
hanya itu-itu saja sehingga sudah sangat hapal diluar kepala.
Apakah sekolah anda sudah menggunakan pembelajaran berbasis ICT?
jika sudah, maka yang harus kita pikirkan sekarang adalah bagaimana
membiasakan guru berkreasi tidak hanya sebagai pemakai jasa Media
berbasis ICT tetapi juga
sebagai creator yang membuat dan mengembangkan media-media tersebut
sesuai dengan keadaan sekolah masing-masing. Namun jika belum, maka ini
menjadi tugas penting kita semua untuk memikirkan bagaimana caranya
agar sekolah kita bisa merasakan nilai positif dari perkembangan ilmu
dan teknologi sekarang ini.
Posting Komentar