Buku Teks PAI dan Budi Pekerti Kurikulum 2013

GambarLahirnya Kurikulum 2013 (K13) ditandai beberapa perubahan, salah satunya mapel pendidikan agama. Dalam K13 menjadi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti hal ini terkait dengan titik berat K13 pada aspek sikap, walaupun dalam PA sendiri aspek sikap mendapat porsi yang besar, dalam PA Islam terdapat pada aspek akhlak.
Untuk PAI buku teks tingkat SD dan SMP sudah disediakan Kemendikbud, sedang  SMA/SMK disediakan Kemenag. Buku teks tersedia dalam dua bentuk yaitu buku guru dan buku siswa. Apa fungsi masing-masing? Bila diibaratkan seperti HP dengan buku manualnya. Bila anda membeli HP baru pasti akan disertai buku petunjuk penggunaan HP tersebut (manual book), maka buku guru itulah manual booknya sedangkan buku siswa itu HPnya.
Dalam penyusunan RPP terdapat empat dokumen yang harus disanding guru, yaitu KI/KD
Gambar
[Permendikbud no 67 (SD), 68 (SMP), 69 (SMA), 70 (SMK) tahun 2013], silabus, buku guru dan buku siswa. Fungsi KI/KD dan silabus dalam penyusunan RPP sudah jelas menjadi sumber pengambilan komponen RPP yang harus dikutip apa adanya. Buku guru akan menuntun guru dalam merancang skenario pembelajaran, sedangkan materi yang akan diajarkan terdapat di buku siswa. Demikian pula dalam menentukan dan penilaian.
Buku teks PAI dan BP SD ditulis oleh Ahmad Hasyim, dkk, sedangkan SMP oleh Sumiyati dan Mustahdi. Agar dapat segera membuat persiapan pembelajaran guru PAI SD dan SMP sangat perlu mendownlod buku-buku tersebut pada link di bawah ini karena PAI dan BP juga mulai dilaksanakan tahun pelajaran 2013/2014 ini.
1. Buku guru PAI dan BP kelas 1 SD
2. Buku siswa PAI dan BP kelas 1 SD
3. Buku guru PAI dan BP kelas 4 SD
5. Buku siswa PAI dan BP kelas 4 SD

Mohon maaf, saya sudah berusaha memindahkan fasilitas pengunduhan ke ziddu.com agar Bp/Ibu tidak perlu membuat akun. Namun karena kapasitas file yang sangat besar maka proses apload mengalami kesulitan. Oleh karena itu saya tetap menggunakan Dropbox karena relatif tidak ada masalah dengan file besar.
Bila tautan diklik akan terbuka tab baru dan meminta Bp/Ibu untuk masuk ke akun Dropbox. Bila belum mempunyai akun tsb Bp/Ibu harus membuatnya (registrasi) terlebih dahulu. Caranya mudah seperti membuat email, ikuti petunjuknya dan unduh software Dropbox.
Demikian semoga bermanfaat dan selamat mengimplementasikan K13. Terimakasih untuk meninggalkan pesan Anda di posting ini.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | H3R | H3R
Copyright © 2016. *°ºð((¯`°»¦«[ KKG PAI LOBAR ]»¦«°´¯))ðº°* - All Rights Reserved