Latest Post

Jumat, 22 Maret 2013

Program Quran MS.Word

Proram perangkat lunak (software) Quran Word sangat bermanfaat bagi yang perlu menulis ayat Quran untuk berbagai keperluan: menyusun soal bagi guru agama, menyusuh khutbah, menyusun naskah ceramah dan lain-lain.
Bagi yang membutuhkan, dapat mengunduh di sini. Berikut gambaran sederhana tampilan/penggunaan.
1). Unduh program, kemudian install pada komputer sebagaimana program umumnya.
2). Hasil meng-instal, akan tampak tampilan tulisan “Al-Quran” pada bagian atas tolbar jendela MS Word.

3). Untuk memulai menggunakan, klik teks “Al-Quran” dan pilih/klik “get all”, hasilnya muncul tab (bingkai) untuk memilih nama surat dan nomor ayat.

4). Jika pilih surat Al Faatihah ayat 2 (sebagai contoh), berikut hasilnya (dilengkapi dengan penjelasan/catatan kaki):

Unduh program Quran Word, silakan klik teks berikut:

Lomba Kreativitas Ilmiah Guru (LKIG) Tahun 2013

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyelenggarakan Lomba Kreatifitas Ilmiah Guru (LKIG) Ke-21 Tahun 2013. LKIG adalah ajang lomba kreatifitas bagi guru dalam upaya pengembangan proses pembelajaran guna mempermudah pemahaman ilmu pengetahuan bagi para peserta didik.
TINGKAT DAN BIDANG LOMBA
  • Guru SD/sederajat: umum (salah satu pelajaran)
  • Guru SMP/sederajat dan SMA/sederajat: 2 Bidang yaitu Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) dan Bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Teknologi (MIPATek)
RANGKAIAN KEGIATAN
  • 30 September 2013 : Registrasi Peserta dan Setting Pameran
  • 1 Oktober 2013 : Pameran Finalis
  • 2 Oktober 2013 : Presentasi Finalis dan Penganugerahan Pemenang
  • 3 Oktober 2013 : Kepulangan Peserta
HADIAH
Pemenang akan mendapatkan piala dan piagam penghargaan dari LIPI serta uang tunai.
PERSYARATAN
  1. Peserta adalah guru yang mengajar pada lembaga pendidikan formal.
  2. Belum pernah menjadi pemenang LKIG dalam kurun waktu dua tahun terakhir.
  3. Sistematika Penulisan : Abstrak, Pendahuluan, Metodologi, Isi/Pembahasan, Kesimpulan dan Daftar Pustaka.
  4. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, diketik HVS A4, berjarak 1½ spasi dengan jenis huruf Arial ukuran 11.
  5. Karya ilmiah harus asli (bukan jiplakan/plagiat) dan belum sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis tingkat nasional.
  6. Jumlah halaman karya ilmiah maksimal 25 halaman (termasuk sketsa/gambar/foto).
  7. Melampirkan rekomendasi Kepala Sekolah dan Daftar Riwayat Hidup (nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat rumah dan sekolah/instansi, telepon/HP, serta email).
  8. Format judul, abstrak, surat rekomendasi dan daftar riwayat hidup dapat diunduh melalui situs LKIG 2013http://kompetisi.lipi.go.id/lkig21/.
  9. Peserta mendaftar dan mengunggah karya tulis melalui situs http://kompetisi.lipi.go.id/lkig21/.
  10. Karya ilmiah dikirimkan secara elektronik diterima oleh panitia selambat-lambatnya tanggal 21 Agustus 2013.
  11. Panduan dan informasi lomba dapat dilihat melalui situs LKIG 2013.
  12. Pengumuman finalis dapat dilihat melalui situs LKIG 2013 pada tanggal 18 September 2013.
  13. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.
KONTAK
Panitia LKIG ke-21 Tahun 2013
Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan Iptek LIPI
Gedung Sasana Widya Sarwono Lt. 5
Jl. Jend. Gatot Subroto No. 10
Jakarta Selatan 12710
Telp (021) 5225711 ext. 1276, 1273, 1274
Fax. (021) 5251834, 52920839
Sumber: http://www.lipi.go.id/

Minggu, 17 Maret 2013

PENAWARAN GLOBE MODEL TERBARU


Foto: Bola dunia yang menggunakan teknologi barcode 3dimensi untuk menghasilkan proses pengalaman pembelajaran interaktif yang luar biasa menarik. Dengan informasi geographi wilayah kegiatan kejadian wilayah hasil pemilihan umum dan informasi lainnya yang dengan mudah dapat di update melalui internet. Teknologi bola dunia ini juga dilengkapi dengan file suara yang dapat di download dengan menggunakan smart pen. untuk mempelajari mengenai negara lain hanya dengan menggunakan sentuhan smart pen. Dengan 36 aktifitas belajar termasuk mengetahui ibukota negara pemimpin negara populasi mata uang bahasa cuaca sejarah lagu kebangsaan dan lain sebagainya.

Features fungsi:

§ Aktivitas belajar 30 variasi ( 30 English games)

§ Teknology menggunakan barcode 3 dimensi ( 3D Barcode Technology)

§ Program info dapat di download dari internet sesuai dengan umur pengguna ( umur 5-8 9-14 15) )

§ Koneksi update internet menggunakan kabel USB

§ Wireless and compact design

§ High-quality digital sound with built-in speaker ( including age-appropriate sound effects for Ages 5-8)

§ Memory internal ( 32MB Flash)

§ Dapat di update menjadi versi Indonesia

§ menggunakan sumber daya batere 2-AAA untuk pena dan batere 4-AA untuk basis bola dunia

§ Compatible dengan Win XP/ 2000

§ Terdapat Fungsi Touch N’ Tell Comparison and Find modes via the wireless stylus pen

DImensi : 15.35T x 12.6L x 10.16D

Diameter Globe : 9.6 inches 





HARGA RP 7.000.000Bola dunia yang menggunakan teknologi barcode 3dimensi untuk menghasilkan proses pengalaman pembelajaran interaktif yang luar biasa menarik. Dengan informasi geographi wilayah kegiatan kejadian wilayah hasil pemilihan umum dan informasi lai...nnya yang dengan mudah dapat di update melalui internet. Teknologi bola dunia ini juga dilengkapi dengan file suara yang dapat di download dengan menggunakan smart pen. untuk mempelajari mengenai negara lain hanya dengan menggunakan sentuhan smart pen. Dengan 36 aktifitas belajar termasuk mengetahui ibukota negara pemimpin negara populasi mata uang bahasa cuaca sejarah lagu kebangsaan dan lain sebagainya.
Features fungsi:
§ Aktivitas belajar 30 variasi ( 30 English games)
§ Teknology menggunakan barcode 3 dimensi ( 3D Barcode Technology)
§ Program info dapat di download dari internet sesuai dengan umur pengguna ( umur 5-8 9-14 15) )
§ Koneksi update internet menggunakan kabel USB
§ Wireless and compact design
§ High-quality digital sound with built-in speaker ( including age-appropriate sound effects for Ages 5-8)
§ Memory internal ( 32MB Flash)
§ Dapat di update menjadi versi Indonesia
§ menggunakan sumber daya batere 2-AAA untuk pena dan batere 4-AA untuk basis bola dunia
§ Compatible dengan Win XP/ 2000
§ Terdapat Fungsi Touch N’ Tell Comparison and Find modes via the wireless stylus pen
DImensi : 15.35T x 12.6L x 10.16D
Diameter Globe : 9.6 inches

HARGA RP 7.000.000

Kamis, 14 Maret 2013

Pembelajaran Berbasis ICT

Mewujudkan Pembelajaran Berbasis ICT
Pembelajaran berbasis ICT adalah pembelajaran yang berasaskan konsep pembelajaran computer dan multimedia. Pendidikan bebasis ICT (Information Communication Technology) saat ini sudah berkembang pesat di berbagai daerah. Kebutuhan akan berbagai media interaktf semakin dirasakan, mengingat kondisi perkembangan teknologi informasi (TI) semakin berkembang pesat. Dalam dunia pendidikan misalnya, siswa mulai pra-sekolah, SD, SMP, SMA dan SMK dituntut mengenal TI sejak dini.

Mewujudkan Pembelajaran Berbasis ICT
Untuk mewujudkan sekolah dengan berbasis ICT tentunya diperlukan sarana prasarana yang menunjang. Tanpa sarana dan prasarana yang baik maka pembelajaran tidak akan sulit berjalan dengan sempurna. Sarana prasarana sekolah berbasis ICT adalah seperti Lab bahasa yang lengkap, komputer, LCD, dan koneksi internet. Untuk menunjang masuknya TI di sekolah, pemerintah secara bertahap membantu sekolah-sekolah dengan memberikan perangkat hardware komputer sebagai alat peraktek dan ditunjang dengan diberikannya BOM (Bantuan Operasional Manajemen) yang salah satunya harus dibelanjakan untuk membeli software komputer untuk menunjang pembelajaran TI dan penguasaan materi pelajaran umum dengan bantuan TI.
Dengan demikian jelas bahwa kebutuhan bahan pembelajaran berbasis ICT sebagai alat untuk membantu siswa menguasai TI dan materi pelajaran umum lainnya dengan lebih cepat, menyenangkan dan meningkatkan hasil belajar, menjadi kebutuhan yang mendesak untuk tercapainya kualitas pembelajaran yang diharapkan.
Selain sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, pembelajaran berbasis ICT juga dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, membiasakan guru untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman yang semakin pesat saat ini. Sudah saatnya guru sedikit demi sedikit membiasakan diri mengajar menggunakan media berbasis ICT, tidak hanya mengandalkan buku yang sudah berbagai generasi redaksinya hanya itu-itu saja sehingga sudah sangat hapal diluar kepala.

Mewujudkan Pembelajaran Berbasis ICT
Apakah sekolah anda sudah menggunakan pembelajaran berbasis ICT? jika sudah, maka yang harus kita pikirkan sekarang adalah bagaimana membiasakan guru berkreasi tidak hanya sebagai pemakai jasa Media berbasis ICT tetapi juga sebagai creator yang membuat dan mengembangkan media-media tersebut sesuai dengan keadaan sekolah masing-masing. Namun jika belum, maka ini menjadi tugas penting kita semua untuk memikirkan bagaimana caranya agar sekolah kita bisa merasakan nilai positif dari perkembangan ilmu dan teknologi sekarang ini.

Download Prota Prosem PAI SD

Assalamualaikum dan salam sejahtera....! pada kesempatan kali ini Blog Pendidikan sedikit berbagi kepada rekan-rekan Bapak/Ibu Guru yg ingin melengkapi perangkat pembelajaran dalam memenuhi kelengkapan proses pembelajaran di kelas. khususnya untuk guru yang mengajar di SD pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam tulisan ini Blog Pendidikan akan memberikan secara geratis Silabus dan RPP untuk anda miliki dengan cara mendownloadnya. Download Prota dan Promes Pendidikan Agama Islam Untuk SD. 
Berikut Link untuk anda download dibawah ini :

Notes : File download berkapasitas 133, File disimpan dalam format Rar
sendek man download piaq juluq  acount 4shared, aden saq molah ngdownload, sengaq tiang pasang ngadu 4 shared neh

Lainnya :
Silabus dan RPP Berkarakter Pendidikan Agama Islam Untuk SD

<small><a href='http://education-vionet.blogspot.com/2012/10/download-prota-dan-promes-pendidikan.html'target='_blank'><strong><i>Sumber</i></strong></a></small>

Pendekatan Metode Pembelajaran PAI

I.                   PENDAHULUAN
Bila kita berbicara tentang ruang lingkup pendidikan agama islam, maka akan dikemukakan beberapa bidang pembahasan pengajaran agama itu sudah menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri di perguruan agama. Tentu saja seharusnya sudah mempunyai metode-metode khusus untuk masing-masing pelajaran yakni (Fiqih, Aqidah, Akhlaq, SKI, Al-qur’an). Jumlah mata pelajaran mungkin bisa saja bertambah/ dipecah dan mungkin digabung. Tetapi prinsip pokok dan sumber tidak akanmengalami perubahan, karena wahyu dan sabda Rosulullah tidah akan bertambah lagi, yang bertambah adalah bidang studi dari segi pengelompokannya serta pembahasannya.
Dalam praktek dilapangan, problem yang selalu menghantui pikiran kita adalah dapatkah metode-metode pengajaran yang ada diterapkan atau dijadikan sebagai alat Bantu untuk mencapai tujuan pendidikan agama? Oleh karena itu untuk mengukur sampai dimana efektifitas metode-metode dalam pencapaian tujuan pendidikan agama, seyogyanya kita bisa lebih mengenal macam-macam metode yang ada, yang tiap-tiap metode tersebut dapat kita nilai dengan dasar kriteria, (1) bagaimana sifat dan ciri-ciri metode tersebut? (2) kapan metode tersebut dapat digunakan? (3) apakah segi kebaikan/ positifnya? (4) apakah segi kekurangannya/ negatifnya? (5) saran-saran perbaikan. Juga termasuk masalah yang seringkali dijumpai dalam pengajaran, adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik, sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien, sehingga pemakaian metode harus sesuai dan selaras dengan karakteristik siswa, materi, serta kondisi dimana pengajaran berlangsung. Sehingga bila ditinjau lebih jauh, sebenarnya keunggulan suatu metode terletak pada factor tujuan, karakteristik siswa, situasi dan kondisi, kemampuan dan pribadi guru serta sarana dan prasarana yang digunakan. Maka selanjutnya dalam makalah ini akan kami jelaskan lebih mendalam yang berkaitan dengan metode-metode pengajaran dalam pendidikan agama islam.

II.                PENGERTIAN
Metode adalah cara yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran dalam upaya mencapai tujuan kurikulum.
Sedang menurut kamus bahasa Indonesia Pembelajaran adalah proses, cara menjadikan orang/ mahluk belajar.
Dalam literature ilmu pendidikan, khususnya ilmu pengajaran, dapat ditemukan banyak metode mengajar.  Dari literature barat, dapat diketahui banyak metode mengajar, seperti metode ceramah, Tanya jawab, diskusi, sosiodrama dan bermain peran, pemberian tugas dan resitasi dll. Di Indonesia Metode ini banyak sekali dan akan bertambah terus sejalan dengan kemajuan perkembangan teori-teori pengajaran. Metode mengajar disebut metode umum, karena metode tersebut digunakan untuk mengajar pada umumnya. Biasanya studi tentang mengajar umum disebut dengan menggunakan istilah metode pengajaran.
Sebenarnya untuk kepentingan pengebangan teori-teori pendidikan islam, masalah metode tidaklah terlalu sulit, metode-metode mengajar yang dikembangkan di barat dapat saja digunakan atau diambil untuk memperkaya teori tentang metode pendidikan islam.

Paradigma Pendidikan Islam

PENDAHULUAN

Untuk memahami pendidikan Islam tidak bisa dilakukan hanya dengan melihat sepotong apa yang ditemukan dalam realitas penyelenggaraan pendidikan Islam, tapi mesti melihatnya dari sistem nilai yang menjadi landasan paradigmanya. Hasan Langgulung menyatakan sangat keliru jika mengkaji pendidikan Islam hanya dari lembaga-lembaga pendidikan yang muncul dalam sejarah Islam, dari kurikulum, apalagi hanya dari metode mengajar, dan melepaskan. Masalah idiologi Islam, Idiologi atau paradigma pendidikan Islam merupakan gambaran utuh tentang ketuhanan, alam semesta, dan tentang manusia yang dikaitkan dengan semua teori pendidikan Islam sehingga semuanya merupakan satu kesatuan yang utuh dan menyeluruh. Sehingga diperlukan suatu upaya untuk menegaskan kembali paradigma yang diperlukan untuk mengembangkan pendidikan Islam. Dalam pelaksanaan pendidikan sebagai proses timbal balik antara pendidik dengan anak didik melibatkan faktor-faktor pendidikan guna mencapai tujuan tujuan pendidikan dengan didasari nilai-nilai tertentu. Nilai-nilai tertentu itulah kemudian disebut sebagai dasar paradigma pendidikan. Istilah dasar paradigma pendidikan dimaksudkan sebagai landasan tempat berpijak atau pondasi berdirinya suatu sistem pendidikan.

Pengembangan Pembelajaran PAI

I.                  PENDAHULUAN
Bangsa Indonesia berwatak sosiolistik-religius yang bercita-cita meraih kehidupan yang seimbang, serasi, dan selaras antara kehidupan bathiniah, mental spiritual dengan kehidupan lahiriyah, fisik materiil, dimana nilai nilai keagmaan menjadi dasar atau sumber motivasinya. Tuntunan agama islam pada khususnya sejak awal penyebarannya di dunia ini telah mengajak dan mendorong umat manusia agar bekerja keras mencari kesejahteraan hidup di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Antara etos kerja keras untuk duniawi dan ukhrowinya tidak boleh dipisahkan, melainkan menjadi etos kerja terintegrasikan satu sama lainnya saling berkaitan secara continue, termasuk etos ilmiah yang mendorong  kearah pengembangan ilmu pengetahuan  dan teknologi.
Etos keilmuan di dunia islam, sejarah menyebutkan bahwa islam pada keemasannya dari abad ke-8 M sampai pada abad ke-14 M, pada masa bani Umayyah dikawasan Timur tengah, Afrrika utara, dan Spanyol, islam benar-benar mampu mendorong kemajuan dalam bidang filsafat, ilmu, teknologi sehingga peraaban islam  menampakkan karakteristiknya dalam perkembangan nilai-nilai intrisik dan ekstrinsik dalam konfigurasinya yang islami  dalam rentangannya yang luas.
Islam mengajarkan kita (manusia) untuk berfikir secara kritis, analitis, dan sintesis tentang ciptaan Allah yang ada dilangit, dikawasan planet-planet, dibumi dengan kandungan isi kekayaannya. Dalam berfikir atau memikirkan tentang fenomena ciptaanNya tersebut juga harus dibarengi dengan dzikir kepadaNya, hal ini berdasar pada AlQur’an QS. Ali Imron ayat 190-191. adalah suatu bukti bahwa alqur’an secara nyata memberikan dorongan kepada manusia agar menganalisis dan mengembangkan ilmu dan teknologi bangunan dari besi dan tembaga, serta teknologi transportasi yang mampu berjalan dengan kecepatan tinggi yang sekarang diwujudkan menjadi kapal tebang supersonic dan pesawat ruang angkasa dan sebagainya.

Selasa, 12 Maret 2013

Cara Membuat Media Pembelajaran PAI

Mengajar adalah suatu hal yang wajib bagi seorang guru, oleh sebab itu seorang guru harus mampu menciptakan dan mengkondisikan proses belajar mengajar agar lebih menyenangkan bagi peserta didik. Proses belajar mengajar akan terasa membosankan bila dilakukan dengan monoton tanpa ada kreativtas seorang guru. Oleh sebab itulah saya mencoba untuk memberikan solusi agar proses belajar mengajar bisa fokus dan menyenangkan, sehingga kegiatan belajar mengajar tidak lagi konvensional.
Semoga saja toturial ini bisa bermanfaat dan banyak memberikan kontribusi bagi para guru untuk dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif.
Berikut lagkah-langkah membuat media pemdelajaran menggunakan Powerpoint : 
Langkah 1 :
Buka program Microsoft PowerPoint 2007/2010, ( Klik Star → All Program → Microsoft Office →Microsoft PowerPoint )

POS UJIAN NASIONAL TAHUN 2013

Menghadapi  masa Ujian Nasional Tahun 2013 Pemerintah melalui Kemendikbud telah menerbitkan regulasi baru yaitu Permendikbud No. 3 Tahun 2013 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan dan Ujian Nasional.
Sementara itu, dalam rangka mengimplementasikan dan menindaklanjuti Permendikbud ini, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), –sebagai lembaga yang diberi tugas dan wewenang untuk mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi standar nasional pendidikan,– telah menerbitkan peraturan tentang Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional Tahun 2013 (POS-UN tahun 2013) untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK, serta Tata-Tertib Pengawas Ujian Nasional tahun 2013.
Jika Anda ingin mengunduh materi peraturan tentang Ujian Nasional Tahun 2013 ini, silahkan klik tautan di bawah ini:
Download:

Minggu, 10 Maret 2013

Guru PAI Se Lombok Barat Gelar Workshop

 Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG-PAI) Lombok Barat mengadakan Workshop tentang Penelitian Tindakan Kelas dan pembelajaran berbasis Information Communication & Technology (ICT) di Aula Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat yang diikuti oleh 50 peserta perwakilan dari masing-masing kecamatan se Lombok Barat yang dilaksanakan pada tanggal 26-28 Februari 2013 kemarin.
Kegiatan ini sempat dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Lombok Barat (H. Fathurrahim dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Lombok Barat (H. Muslim) yang sekaligus sebagai pembuka acara tersebut serta Kasi Pendaki (H. Muksin) sekaligus yang menutup kegiatan tersebut.
Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari di aula kantor Kemeterian Agama Lombok Barat, semua pembiayaan berasal dari Diroktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indoneisa.
Kegiatan ini sangat mengesankan terkait dengan materi media pembelajaran, dimana dalam kegiatan ini diajarkan tentang bagaimana cara membuat media pembelajaran menggunakan microsoft power point, dan Ahamdulillah di akhir kegiatan ada semacam presentasi. menjelang kegiatan akhir, peserta dituntut untuk mempresentasikan hasil pembuatan media pembelajaran yang menggunakan microsoft office power point.
Dalam presentasi, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dengan perkecamatan, dan Alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan lancar.
H.M. Jamaluddin, S.Pd.I. selaku ketua KKG-PAI Lombok Barat ini mengungkapkan workshop semacam ini akan mereka lakukan rutin di setiap kecamatan untuk mendongkrak kompetensi dan kapasitas guru PAI. untuk hal tersebut mereka membutuhkan sokongan dana dari dinas pendidikan dan kebudayaan kab. lombok barat melalui dana BOS setiap triwulannya untuk satu sekolah

Recent Post

FACEBOOK

YAHOO

 
Support : Creating Website | Irfan Uhuy | @xxcungxx
Copyright © 2013. *°ºð((¯`°»¦«[ KKG PAI LOBAR ]»¦«°´¯))ðº°* - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Template
Proudly powered by Blogger