I. PENDAHULUAN
Bila
kita berbicara tentang ruang lingkup pendidikan agama islam, maka akan
dikemukakan beberapa bidang pembahasan pengajaran agama itu sudah
menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri di perguruan agama. Tentu
saja seharusnya sudah mempunyai metode-metode khusus untuk masing-masing
pelajaran yakni (Fiqih, Aqidah, Akhlaq, SKI, Al-qur’an). Jumlah mata
pelajaran mungkin bisa saja bertambah/ dipecah dan mungkin digabung.
Tetapi prinsip pokok dan sumber tidak akanmengalami perubahan, karena
wahyu dan sabda Rosulullah tidah akan bertambah lagi, yang bertambah
adalah bidang studi dari segi pengelompokannya serta pembahasannya.
Dalam
praktek dilapangan, problem yang selalu menghantui pikiran kita adalah
dapatkah metode-metode pengajaran yang ada diterapkan atau dijadikan
sebagai alat Bantu untuk mencapai tujuan pendidikan agama? Oleh karena
itu untuk mengukur sampai dimana efektifitas metode-metode dalam
pencapaian tujuan pendidikan agama, seyogyanya kita bisa lebih mengenal
macam-macam metode yang ada, yang tiap-tiap metode tersebut dapat kita
nilai dengan dasar kriteria, (1) bagaimana sifat dan ciri-ciri metode
tersebut? (2) kapan metode tersebut dapat digunakan? (3) apakah segi
kebaikan/ positifnya? (4) apakah segi kekurangannya/ negatifnya? (5)
saran-saran perbaikan. Juga termasuk masalah yang seringkali dijumpai
dalam pengajaran, adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa
secara baik, sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien, sehingga
pemakaian metode harus sesuai dan selaras dengan karakteristik siswa,
materi, serta kondisi dimana pengajaran berlangsung. Sehingga bila
ditinjau lebih jauh, sebenarnya keunggulan suatu metode terletak pada
factor tujuan, karakteristik siswa, situasi dan kondisi, kemampuan dan
pribadi guru serta sarana dan prasarana yang digunakan. Maka selanjutnya
dalam makalah ini akan kami jelaskan lebih mendalam yang berkaitan
dengan metode-metode pengajaran dalam pendidikan agama islam.
II. PENGERTIAN
Metode adalah cara yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran dalam upaya mencapai tujuan kurikulum.
Sedang menurut kamus bahasa Indonesia Pembelajaran adalah proses, cara menjadikan orang/ mahluk belajar.
Dalam
literature ilmu pendidikan, khususnya ilmu pengajaran, dapat ditemukan
banyak metode mengajar. Dari literature barat, dapat diketahui banyak
metode mengajar, seperti metode ceramah, Tanya jawab, diskusi,
sosiodrama dan bermain peran, pemberian tugas dan resitasi dll. Di
Indonesia Metode ini banyak sekali dan akan bertambah terus sejalan
dengan kemajuan perkembangan teori-teori pengajaran. Metode mengajar
disebut metode umum, karena metode tersebut digunakan untuk mengajar
pada umumnya. Biasanya studi tentang mengajar umum disebut dengan
menggunakan istilah metode pengajaran.
Sebenarnya
untuk kepentingan pengebangan teori-teori pendidikan islam, masalah
metode tidaklah terlalu sulit, metode-metode mengajar yang dikembangkan
di barat dapat saja digunakan atau diambil untuk memperkaya teori
tentang metode pendidikan islam.
Diposting oleh
KKG PAI GERUNG
12.17